Kata dan Karya Perempuan ( Fashion Show dan Talkshow by: Shawl&co dan Mitra Hadiprana )

Nina Oktaviana

Kata dan Karya Perempuan ( Fashion Show dan Talkshow by: Shawl&co dan Mitra Hadiprana )

      Sebuah kontemplasi mengenai nilai-nilai kebangsaan melalui sentuhan peran perempuan dan ibu.

      Sejarah Indonesia merupakan guru terbaik bagi kecerdasan kehidupan berbangsa indonesia. Sejarah Indonesia yang penuh dengan nilai-nilai kebangsaan harus menjadi dasar pendidikan generasi muda. Menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai yang dapat membawa pemuda pemudi lebih cintai tanah air mereka, yang menjadikannya pedoman dalam berbuat, bertingkah laku dan berkepribadian yang murni berkebangsaan Indonesia.

     Mengacu pada ajaran tokoh pendidik Indonesia, Ki Hajar Dewantoro,

Ing Ngarso Sung Tulodho .. Ing Madyo Mangun Karso .. Tut Wuri Handayani

     Nilai-nilai yang akan ditanamkan akan sangat ideal bila di wariskan melalui tahap-tahapan : menunjukan suri tauladan, memberi bimbingan dan tak lepas menyemangati.

      Adapun lingkup pendidikan maupun sosok pendidik yang paling awal dan terdekat adalah keluarga, ibu khususnya.

     Melalui kontemplasi “Kata dan Karya Perempuan”, penulis dan pendidik Indy Hardono serta Shawl&co sebagai pecinta Wastra Indonesia, mencoba menggali dan menghadirkan sisi-sisi humanis perempuan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan tersebut bagi pemuda pemudi Indonesia.

      Diharapkan kontemplasi melalui bincang santai dan inspiratif, bisa memberi pemahaman baru akan pentingnya nilai-nilai berbangsa indonesia bagi pemuda pemudi Indonesia serta pemahaman yang tak kalah penting bahwa tokoh ibu dan perempuan Indonesia lah yang bisa menjadi kunci utama penerus nilai-nilai kebangsaan ini.

     Pada Sabtu, 14 Desember 2019 Shawl&co dan Hadiprana menggelar acaranya di Mitra Hadiprana Kemang. Acara dimulai pukul 13.00 dan dibuka oleh demo make up oleh Mustika Ratu. Demo make up flawless ini berlangsung selama 30 menit. Mustika Ratu juga membuka booth dan ikut mensponsori acara Fashion Show Shawl&co kali ini dengan mendandani para model.

 

 

    Acara di lanjutkan dengan pembacaan Narasi oleh Indy Hardono, narasi tersebut merupakan beberapa penggalan dari buku yang ia tulis "Euraka di Negeri Sebrang" lalu dilanjutkan dengan Live performance oleh Aning Katamsi.

    Acara dilanjutkan dengan Fashion Show dari Shawl&co yang bertemakan "Padusi untuk Nagari" . Koleksi terbaru dari Shawl&co kali ini adalah Baju Kurung terbaru yang dikombinasikan dengan berbagai macam Sarung Tenun dan Kain Songket. Fashion show kali ini juga dihiasi aksesoris, properti dan pengiringan lagu yang sarat akan khas minang. Model juga dipasangkan Ibu dan Anak, untuk memperingati Hari Ibu yang jatuh pada bulan ini dan juga sebagai simbol para wanita yang menurunkan warisan kebudayaanya pada anak-anaknya untuk menjaga terus nasionalisme generasi muda.

 

    Acara Talkshow atau bincang singkat juga dihadirkan untuk membuka diskusi bersama mengenai pentingnya menjaga warisan budaya dan mulai menyebarkan rasa cinta pada budaya. Pada bincang singkat ini Indy Hardono juga membahas buku " Eureka di Negeri Sebelah " yang ia tulis sebagai bentuk kepedulianya pada perempuan dan bangsa serta mengingatkan peran perempuan dalam negara.

     Narasi juga dibacakan oleh Shelomita, sebagai public figure yang juga peduli akan perumpuan dan juga peranya.

     Acara pun di tutup dengan hadirnya kembali para model masuk dengan membawa bendera Indonesia.

     Acara kolaborasi Shawl&co dan Hadiprana kali ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali rasa cinta pada negara, bangsa dan budaya dan mengajak untuk terus menghidupkan warisan para leluhur.

  • TYpxDQnhw: December 06, 2020

    omELjKwFxnlQD

  • oUqSfcwXlT: December 06, 2020

    feOnitLx

  • pbYEKNontW: November 19, 2020

    VZBMfTpnHyl

  • bpPGMDVmx: November 19, 2020

    EkOpYaJcjgwqdKsm

  • OZesBghC: November 03, 2020

    fGPNSEHJC

  • DFNsjnWbeURx: November 03, 2020

    SJKuLNvgXlQwIhfx

  • BqsagrFTo: October 08, 2020

    ehUSXpAtIf

  • JHPpzwajbOYgml: October 08, 2020

    nHfBLtXarmTVCyg

  • LsYynvRoSgWNJa: September 28, 2020

    oAWqIKOuyjBgl

  • VkuiZHEMAa: September 28, 2020

    MuGshcYZ